ISTANA RATU BOKO

Sunset istana Ratu Boko

Istana megah di atas Bukit

Jalan Raya Jogja-Solo, Prambanan, Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 496 510

Istana Ratu Boko adalah peninggalan situs arkeologi yang beda dari situs-situs serupa, bukan merupakan candi namun berupa bekas istana yang terdiri dari beberapa bagian bangunan, dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi.

Sumur penuh misteri akan ditemui bila berjalan ke arah tenggara dari Candi Pembakaran. Konon, sumur tersebut bernama Amerta Mantana yang berarti air suci yang diberikan mantra. Kini, airnya pun masih sering dipakai. Masyarakat setempat mengatakan, air sumur itu dapat membawa keberuntungan bagi pemakainya. Sementara orang-orang Hindu menggunakannya untuk Upacara Tawur agung sehari sebelum Nyepi. Penggunaan air dalam upacara diyakini dapat mendukung tujuannya, yaitu untuk memurnikan diri kembali serta mengembalikan bumi dan isinya pada harmoni awalnya.

Istana ratu boko merupakan salah satu tempat favorit bagi pasangan yang ingin melaksanakan sesi foto prewedding atau bagi para foto grafer pencari sunset, salah satu sunset terindah di jogja berada di istana ini bahkan  Seorang turis asal Amerika Serikat mengatakan, “Inilah senja yang terindah di bumi.”

Comments are Closed